MENGENAL KESENIAN NCB

   "NCB" Sebutan untuk Desa Wonosono yang tepatnya di Dusun Kalegen, Kec.Bandongan. Magelang, Sebuah desa dimana masyarakatnya masih berbaur dan saling Gotong Royong, di tambah dengan letak desanya yang masih di daerah pengunungan ( Gunung Sumbing ) membuat desa NCB terasa nyaman dan sejuk, yang bikin betah lagi karena di desa ini juda ada beberapa kesenian tradisional seperti Jathilan,Warok dan Leak. ya Walaupun LEAK itu berasal dari Pulau Bali. Waktu pementasanya pun bergilir untuk pembuka biasanya di awali dengan Warok yang di mainkan anak anak.
                                                             WAROK ANAK-ANAK

  Setelah Warok Anak Anak kecil selesai di ikuti lagi dengan Tarian JATHILAN
                                                                      Jathilan
 Biasanya permainan Jathilan dimainkan 6 orang.Dan Sebagai ketua atau pemimpin Pasukan menggunakan seragam yang berbeda, nah di sela sela Permainan JATHILAN berlangsung biasanya ada iringan Penari topeng dan Barong. tapi sayangnya untuk peanari topengnya tidak sempat di ambil gambarnya, tapi tak lupa untuk foto yang ini, tuu di bawah . Si Barong,kata seseorang penonton dalam permainan JATHILAN ini ya Si Barong ini yang bikin Penonton tidak berani terlalu dekat untuk Menyaksikan. Terlihat juga sih dari Gambar diatas itu.
                                                                        Barong
Setelah selesai Permainan Jathilan biasanya di sambut lagi dengan WAROK. hanya saja Warok yang kali ini di mainkan orang orang dewasa,
                                                                        WAROK

 Nah setelah semua selesai bermain satu untuk penutup yaitu tarian Leak, untuk yang satu ini yang selalu di tunggu tunggu sama penonton ,ya gimana gak di tunggu biasanya kalau mau lihat LEAK harus ke Bali kalau tidak hanya di TV. satu yang harus di perhatikan saat menyaksikan tarian Leak ini Sedikit Berbeda karena penonton tidak boleh melamun, kalau melamun bisa-bisa kesurupan, ya karena sedikit memang mengherankan setiap Leak itu keluar dari Balik Panggung ya Banyak Penonton yang kesurupan, Tarian Leak pun tidak tunggal atau bermain sendiri, ada beberapa iringan penari laen seperti penari Merak,Penari Pendet, dan Badong


                                                                        


Ya kurang lebih begitulah Pementasan kesenian dari Desa Wonosobo,Kalegen,Bandongan,Magelang. Sedikit berbagi pengalaman .
mohon maaf apabila ada salah kata salah penlisan, mohon masukanya untuk membuat bloger ini lebih bermanfaat dan lebih baik lagi.



salam Ncb_mania.
salam kenal buat para Pemain Kesenian SIMOLODRO,Dsn Wonosobo,Kalegen,Bandongan,Magelang
                                                   Senior Pemain Warok Simolodro

                 
  



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gunung Tidar

Kesenian Leak SIMOLODRO